Gerbong Mutasi Lingkup Pemerintah

Gerbong mutasi lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, bakal kembali bergerak. Saat ini, Baperjakat tengah merampungkan nama pejabat yang bakal diganti. Di lingkup Pemprov Sulsel,setidaknya ada enam posisi strategis seperti Kepala Bappeda dan Kepala BKD akan segera kosong.

Sementara, di Pemkot Makassar, sedikitnya lima kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masuk dalam daftar pejabat yang akan dimutasi akhir Juni 2012. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar Kasim Wahab mengatakan, lima nama pejabat yang akan dimutasi telah digodok dalam rapat Baperjakat.

Hanya saja, mantan Kabag Humas Pemkot ini enggan membeberkan nama-nama itu dengan pertimbangan belum final. “Ada lima pejabat yang dimutasi dengan pertimbangan sakit-sakitan dan kinerjanya tidak memuaskan. Selain itu, ada juga yang mengundurkan diri. Tapi itu belum final,masih ada dua kali rapat Baperjakat lagi sebelum diajukan ke wali kota untuk disetujui,” katanya kepada SINDO,kemarin. Kendati demikian, Kasim Wahab tidak membantah jika Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baso Amiruddin dan Kabag Humas Mukhtar Tahir masuk dalam daftar mutasi.

Mukhtar diproyeksikan menggantikan posisi Baso Amiruddin yang disebut mengajukan pengunduran diri karena sakit. Selain itu, ada satu camat yang masuk rencana mutasi tersebut.Kasim juga membantah, mutasi pejabat eselon II,III dan IV Makassar terkait dengan kepentingan politik menjelang Pemilihan Gubernur Sulsel 2013 dan Pemilihan Wali Kota Makassar 2014. “Ini murni kebutuhan organisasi, sama sekali tidak ada kepentingan politik.Mutasi ini bukan hanya melihat kinerja, tetapi juga bagaimana manajerial dan memahami tufoksi masing-masing,”jelasnya.

Informasi yang dihimpun SINDO,pejabat lain yang masuk daftar mutasi yakni Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Kasim yang dinilai gagal membawa Kota Makassar merebut Piala Adipura 2012.Sedangkan,Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sabil L Ondo dan Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan Andi Oddang Wawo disebut akan diganti Oktober 2012 karena masuk masa pensiun.

Siapkan Plt

Sementara itu, di lingkup Pemprov Sulsel, sebanyak enam orang pejabat eselon II atau setingkat kepala dinas (Kadis) dipastikan akan pensiun pada 2012 ini. Pejabat yang memasuki masa pensiun yakni Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tan Malaka Guntur,Kadis Pendidikan A Patabai Pabokori,Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Andi Murny Amien Situru. Tiga pejabat lainnya yakni Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Syuaib Mallombassi, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Arifuddin Dahlan,serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Titien Sutarty.

Kendati Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo belum memerintahkan mutasi, Baperjakat telah menggodok sejumlahnamayangakanmenempati posisi tersebut termasuk yang dijabat pelaksana tugas. “Sampai sekarang kami belum diperintahkan untuk menggodok nama-nama pejabat yang akan mengisi kekosongan itu. Kemungkinan untuk sementara akan diisi oleh Plt,” ungkap Kepala BKD Sulsel A Murny Amien Situru,kemarin.

Tan Malaka Guntur sendiri terhitung sejak 1 Juni lalu telah pensiun. Jabatannya untuk sementara diisi oleh Plt Yaksah Hamsah yang juga Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulsel. “Kemungkinan enam pejabat yang akan pensiun, termasuk saya, semuanya akan diisi oleh Plt. Itu semua kewenangan pimpinan,”pungkasnya saat dihubungi kemarin. Sementara untuk 2013, terdapat 10 nama pejabat eselon II pemprov yang sudah memasuki masa pensiun.

Mereka diantaranya Sekretariat Dewan Pengurus Daerah Korpri Saleh Gottang,Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Yushar Huduri,Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Saggaf Saleh. Selain itu,juga terdapat nama Kepala Inspektorat Sulsel Azikin Solthan, Asisten Kesra Gubernur Amal Natzir, Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Soeprapto Budi Santoso, serta Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Murtala Ali. Sedangkan di tahun 2014, terdapat nama-nama seperti Kepala Badan Perpusatakaan dan Arsip Daerah Ama Saing serta Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel A Muallim.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel